Latest Book :
Home » » Mengenal Kurikulum 2013 PAUD

Mengenal Kurikulum 2013 PAUD

{[['']]}
KURIKULUM 2013 | KURTILAS | ( K-2013 )
Pendidikan Anak Usia Dini


Bagi sebagian keberadaan kurikulum 2013 ini sangat di nanti-nanti oleh guru PAUD, Baik itu PAUD FORMAL ( Taman Kanak-kanak / TK ) maupun PAUD non formal ( Play Group / Kelompok Bermain / KB ), TPA ( Tempat Penitipan Anak ) dan SPS. Ini semua dapat dimengerti setelah semua jenjang pendidikan diatasnya ( SD, SMP, SMA ) sudah menerapkan kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajarnya. Namun untuk jenjang PAUD ini baru disosialisasikan dan pada tahun 2016  perlahan mulai dijalankan. Maka dari itu baiknya jika kita mengenal lebih dekat kurikulum 2013 ini.

Kurikulum 2013 pada hakikatnya merupakan seperangkat rencana yang akan di lakukan selama proses pembelajaran, sehingga mutlak diperlukan oleh setiap satuan pendidikan. Kurikulum PAUD disiapkan oleh satuan pendidikan bersangkutan sesuai kebutuhan anak dengan mengacu pada PERMENDIKNAS No.58 Tahun 2009 tentang standar PAUD. Setiap anak diberi kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai potensi masing-masing . Pendidik bertugas membantu jika dibutuhkan.

Kurikulum 2013 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu ( UU No.20/2003 ).

Terdapat dua dimensi dalam pengertian kurikulum 2013 diatas yaitu :

  1. Kurikulum adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran.
  2. Kurikulum adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Rasional Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
  1. PAUD merupakan jenjang pendidikan paling fundamental
    a.) Perkembangan anak dimasa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi yang diberikan di usia Dini.
    b.) Awal kehidupan anak merupakan masa paling tepat dalam memberikan dorongan agar anak dapat berkembang secara optimal.
  2. UU No.20/2003, Bab 1 pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasui pendidikan lebih lanjut.
  3. Masa peka belajar anak dimulai dari anak dalam kandungan sampai 1000 hari pertama kehidupannya.
    a.) Menurut ahli neurologi pada saat lahir bayi mengandung 100 s/d 200 neuron atau sel syaraf yang siap melakukan sambungan antar sel.
    b.) Sekitar 59% kapasitas kecerdasan manusia telah terjadih pada usia 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berusia 8 tahun dan mencapai tingkat 100% ketika berusia 8 s/d 18 tahun.
    c.) Stimulasi pada usia lahir -3 tahun ini jika didasari pada kasih sayang bahkan bisa merangsang 10 triliun sel otak, akan tetapi satu bentakan saja 1 milyar sel otak akan rusak, sementara tindak kekerasan akan merusak 10 milyar sel otak.

Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD
  1. Keseimbangan pengembangan sikap, pengetahuan dan ketrampilan
  2. Penerapan pendekatan saitifik yang diintegrasikan dengan kegiatan belajar mengajar
  3. Memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar
  4. Penerapan penilaian otentik secara tepat
  5. Memberi waktu yang cukup untuk mengembangkan berbagai potensi anak
  6. STPPA dicapai melalui kompetensi inti (K I/ kompetensi inti ) yang dirinci lebih lanjut kedalam kompetensi dasar ( K D/ kompetensi dasar)

Tujuan Kurikulum 2015 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) : mendorong perkembangan peserta didik sehingga mempunyai kesiapan untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya baik dalam hal sikap spiritual, sikapsosial, pengetahuan, danketerampilan. Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan tematik dan pendekatan saintifik , Pendekatan Saintifik dalam K 13 adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

  1. Mengamati dilakukan dengan
    a.) Melihat ( Baik langsung ataupun dengan Alat )
    b.) Mendengar
    c.) Meraba, Menyentuh, dan Menerka
    d.) Menghirup
    e.) Mengecap
  2. Menanya sebagai salah satu proses mencari tahu atau mengkonfirmasi atau mencocokan dari pengetahuan yang sudah dimiliki anak dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari
  3. Mengumpulkan informasi adalah keterampilan mengumpulkan berbagai informasi dari hasil mengamati & menanya
  4. Mengaoosiasi adalah kegiatan yang merupakan proses dimana anak menghubungkan pengalaman baru dengan pengetahuan lama
  5. Asosiasi dibangun melalui 3 kegiatan utama , yaitu :
    a.) Membandingkan ( Comparing )
    b.) Mengelompokan ( Clasifiying )
    c.) Pengukuran ( Measuring using tools )
  6. Mengkomunikasikan adalah kegiatan anak untuk
    a.) Menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan dalam berbagai bentuk seperti : gambar, hasil karya, cerita yang disampaikan, dan kelompok.
    b.) Proses mengkomunikasikan adalah proses penguatan pengetahuan terhadap pengetahuan baru yang didapatkan anak.
    c.) Penebalan pada proses persambungan antar sel otak.

Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian Kompetensi IntiKI ), Kompetensi DasrKD ), muatan pembelajaran, program pengembangan dan beban belajar

STPPAStandar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) merupakan kriteria nominal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa , sosial emosi dan seni. Jadi STPPA sebagai output dari layanan PAUD





Cakupan Kriteria Minimal Setiap Perkembangan Pada STPPA a

  1. Nilai Ahgama dan Moral: :mengenal agama yang dianut, mengerjakanibadah, berperilakujujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjagakebersihandiridanlingkungan, mengetahuiharibesar agama, danmenghormati (toleransi) agama orang lain.
  2. Fisik motorik meliputi:
    a.)Motorik Kasar: memiliki kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, dan lincah dan mengikuti aturan.
    b.) Motorik Halus: memiliki kemampuan menggunakan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk.
    c.) Kesehatan dan Perilaku Keselamatan: memiliki berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta memiliki kemampuan untuk berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.
  3. Kognitif, meliputi:
    a.)Belajar dan Pemecahan Masalah: mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial dan menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru.
    b.)Berfikir logis: mengenal berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab akibat
    c.)Berfikir simbolik: mengenal, menyebutkan, dan menggunakan lambang bilangan 1-10, mengenal abjad, serta mampu merepresentasikan berbagai benda dalam bentuk gambar.
  4. Bahasa meliputi :
    a.)Memahami (reseptif) bahasa: memahami cerita, perintah, aturan, dan menyenangi serta menghargai bacaan.
    b.) Mengekspresikan Bahasa: mampu bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali apa yang diketahui.
    c.) Keaksaraan: memahami hubungan bentuk dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.
  5. Sosial Emosional, meliputi
    a.) Kesadaran diri: memperlihatkan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaian diri dengan orang lain
    b.) Rasa Tanggung Jawab untuk Diri dan Orang lain: mengetahui hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama.
    c.) Perilaku Prososial: mampu bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.
  6. Seni meliputi :
    Mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimaginasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni.



PERUBAHAN DALAM KURIKULUM 2013

Komponen
Kurikulum Sebelumnya
Kurikulum 2013
Acuan
Permendiknas No 58 tahun 2009 (STPP)
Standar Paud
Kurikulum
SKL
Permendikans.....(standar Paud dan kurikulum)
Standar Paud
SKL
Lingkup Pengembangan
Nilai Agama Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosi
Nilai Agama Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, sosial Emosi, Seni

Struktur Kurikulum
STPP
Indikator
STPPA/kesiapan belajar anak
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator
Pendekatan
Tematik
Tematik dan Saintifik
Administrasi
PROTA, PROMES, PROBUL, RKM,RKH
PROTA.PROMES, RPPM,RPPH



URAIAN TENTANG KOMPETENSI INTI

cakupan
Uraian
K1
Menerima ajaran agama yang dianutnya
K2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
K3
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
K4
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia


Kompetensi Dasar :
  1. Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 PendidikanAnakUsiaDini berisikan kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti.
  2. Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu program pengembangan.
  3. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
    a.)Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1; 
    b.)Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2; 
    c.)Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
    d.)Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4

Alur Perencanaan Pembelajaran 



Dapatkan Majalah Bulanan dan Paket Materi Satu Tahun PAUD yang mana materi telah disesuaikan dengan Kurikulum Terbaru KURIKULUM 2013 | KURTILAS | K-13 dibawah ini :

Majalah Bulanan TK/Umum


Majalah Bulanan RA/TK Islam
Paket Materi 1tahun
Untuk Infomasi Pemesanan/Keagenan Silahkan Hub Kontak Dibawah ini :

Phone : 085 324 431 055

BBM : 5820C4C5
Share this article :
SELAMAT DATANG di Web Perwakilan Dipo Mulyo TASIKMALAYA | jangan lupa Klik suka page facebook kami dibawah ini ya
 
Produk : Semua Produk | KOBER | TK | RA
Copyright © 2011. Citra Buku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by ginda